Selasa, 01 Februari 2011

Selfish ..


Egois ..
Saya yakin semua orang tahu dan familiar dengan satu kata ini..
Yahh,, Ego berarti aku atau diri pribadi, sedangkan Egois berarti orang yang selalu mementingkan diri sendiri .
 
Sifat adalah suatu karakter yang dimiliki oleh seseorang karena ia memperolehnya melalui tahap atau proses, yakni proses pertumbuhan pada masa anak-anak sampai dewasa.
Setiap orang memiliki ego, namun orang yang tidak dewasa sering melampaui egonya sehingga menjadi egois.

Pada sebagian orang mereka tidak menyadari bahwa mereka adalah satu diantara begitu banyak orang yang memiliki sifat ini .

Sebagian lagi mereka yang menyadari bahwa mereka memang adalah egois dan mencoba untuk pelan-pelan mengubahnya, namun yang amat sangat DISAYANGKAN bagi mereka yang menyadari akan sifat buruk itu tapi tak pernah berusah mengubahnya ..
 
Semakin egois, ia semakin jauh untuk melampaui kedewasaan. Kedewasaan memang menyadarakan akan eksistensi diri yang sesunguhnya, tapi bukan mementingkan diri sendiri dan menghempaskan eksistensi orang lain.

Karakteristik seseorang yang egois :


* Hanya dapat melihat dari sudut pandangnya, tidak dapat melihat dari sudut pandang orang lain, apa lagi merasakan apa yang orang lain rasakan. Jadi, tidak mudah untuk berbincang dengannya kerana ia akan berusaha agar kita menuruti pendapatnya.
 
* Hanya memikirkan kepentingan peribadinya, jadi, apa yang dilakukannya selalu untuk kepentingan peribadi, bukan ikhlas untuk kepentingan orang lain. Ia tidak mengenal arti pengorbanan dan ketulusan, semua hal diperkirakan berdasarkan untung ruginya.

Beberapa Faktor Penyebab Seseorang menjadi figur yang Egois :
Menurut beberapa ahli Psikologi, beberapa faktor penyebab seseorang menjadi figur yang egois , adalah
 
* Sifat egois yang mereka miliki sekarang bisa jadi 100% didapatkan melalui proses pertumbuhan jati diri mereka yang mereka peroleh kemungkinan dari rumah/lingkungan, dimana mereka mendengar, melihat dan meniru apa yang mereka temui sebagai bahan proses pertumbuhan sifat /karakter mereka .
mungkin mereka menerimanya dari orang tua anda atau orang lain yang mendidik / mengasuh mereka.
apa yang mereka sekarang lakukan kemungkinan besar mereka tiru dari sifat egois orang tua mereka ..

 * Sebahagian peribadi yang ego ini berasal dari latar belakang keluarga yang terlalu memanjakan sehingga apa pun yang diminta selalu didapatkannya.
 
* Sebahagian lagi peribadi yang ego berasal dari latar belakang kurangnya kasih sayang sehingga ia tidak pernah belajar mengasihi. Ia menjadi orang yang tidak mengasihi dan tidak rela berkorban kerana ia tidak pernah mengenal kasih sayang. 

Bagi anda yang merupakan satu di antar mereka ,tahukan anda apa tanggapan orang-orang di sekeliling anda ketika mereka tahu bahwa anda adalah orang yang egois ??

Kesan Orang terhadap Pribadi yang Egois : 

Hasil wawancara yang dilakukan kepada beberapa narasumber , mereka memiliki pendapat yang berbeda namun saya merangkumnya menjadi beberapa pokok yang harus anda ketahui ..

* Bagi anda yang sadar bahwa anda adalah orang yang egois namun tidak berusaha mengubahnya , tanggapan beberapa orang adalah :
Orang sekeliling sukar menerimanya kerana tidak ada usaha darinya untuk menyesuaikan diri. Daripada terjadi konflik, 

* Pada umumnya orang sekeliling akan menjauhkan diri dari berhubungan dengannya sehingga ia terpaksa hidup bersendirian. Malangnya, semakin kesunyian, semakin ia menganggap bahawa orang sekeliling yang salah. Pada akhirnya orang yang ego hidup dalam bersendirian.
 
* Sahabat pun sukar untuk mempercayainya sebab mereka menilai ia tidak jujur. Semua yang dikerjakannya cenderung dinilai mempunyai maksud tersembunyi di belakangnya. Pada akhirnya hubungannya dengan yang lain tersekat dan semakin hari semakin sedikit orang yang bersedia berkawan dengannya. seandainya bersahabatpun, hubungan yang terjalin merupakan hubungan timbal-balik, tanpa keikhlasan dan pengorbanan.


Nahh,, sekarang anda sudah tahu apa karakteristik, penyebab dan kesan orang lain terhadap sikap egois seseorang , Jika anda salah satu dari sekian banyak orangan yang memiliki sifat egois , apakah anda akan berusaha mengubahnya ?
Memang sulit mengubahnya , semua orang tahu akan hal itu !
Sifat egois adalah tantangan terberat sepanjang hidup bagi mereka yang ingin mengubahnya ..
it is difficult but that does not mean can not be eliminated , rite ?
hehehehe ..
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar