Selasa, 12 Oktober 2010

E-Learning tu apa yaahh ??

E-Learning

E-Learning berasal dari kata Electronic Learning yang kemudian di singkat oleh banyak orang menjadi E-Learning .E-learning merupakan cara baru yang dipilih oleh sebagian orang dalam melakukan proses belajar mengajar . Menurut Wikipedia ,E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas  untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru atau dosen secara langsung.
Dalam e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh "contents writer", designer e-learning dan pemograman komputer.
E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

Pengaruh pembelajaran E-learning terhadap mahasiswa dari sisi psikologi ..
Dengan adanya E-learning mahasiswa diajarkan untuk mampu memegang kendali atas kesuksesan belajarnya masing-masing, artinya mahasiswa di beri kebebasan untuk menentukan kapan akan dimulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam modul belajar yang ingin di pelajarinya terlebih dulu. Mahasiswa bisa mulai dari topik-topik ataupun halaman yang menarik minatnya terlebih dulu, ataupun bisa melewati saja bagian yang ia anggap sudah ia kuasai. Jika ia mengalami kesulitan untuk memahami suatu bagian, ia bisa mengulang-ulang lagi sampai ia merasa mampu memahami.
Bukan hanya itu yang paling penting adalah mahasiswa dituntut untuk mengenal,mengerti, dan memahami penggunaan teknologi yang semakin canggih. Pembelajaran E-learning juga membuat mahasiswa untuk lebih mandiri dalam hal mencari tugas dan memahami pelajarannya sendiri, dan berusaha untuk mencari ilmu yang lebih banyak lagi bisa dengan cara browsing, searching dll ..

Itulaa seputar pembahasan E-learning yang dapat saya bagikan dengan anda, apakah anda punya pendapat lain ?
Ayo Berbagi d blog ini..
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar